SEJARAH PERKEMBANGAN SISTEM/TEKNOLOGI INFORMASI
Periode pertama : Pra Mekanik
Pada periode
ini komunikasi menggunakan symbol untuk menyampaikan informasi. Prada tahun
3000 – 2000 sebelum masehi, manusia menggunakan gambar juga untuk menyampaikan
pesan. Contohnya adalah bangsa fenisia yang mendiami Timur Tengah (saat ini Lebanon)
menciptakan model yang sama. Bangsa Yunani kuno mengadaptasi symbol milik
bangsa Fenisia dengan menambahkan huruf vocal yang membuatnya mudah digunakan. Bangsa
Romawi Kuno kemudia memakainya juga, yang mana saat ini menjadi alphabet yang
kita kenal dan gunakan saat ini. Pembuatan buku dari papyrus yang dilekatkan
dimulai pada tahun 600 sebelum masehi. Pada awalnya hanya pemuka agama dan
pemimpin yang memiliki koleksi buku. Setelah itu ada bangsa Mesir Kuno yang
menciptakan system angka, sehingga juga mengarahkan pada penemuan alat bantu
hitung yang disebut abacus.
Periode Kedua : Mekanik
Masa ini termasuk dalam masa abad
pertengahan. Dimana orang sudah menggunakan peralatan untuk menyimpan, mengolah
dan merekam informasi. Salah satu penemuan terpenting dalam masa ini adalah
msin cetak guttenburg dari Jerman. Penyampaian informasi menjadi lebih mudah
dikarenaan mesin cetak dapat memproduksi tulisan yang sama dalam jumlah besar. Pada
tahun 1600, komputer atau mesin hitung pertama kali diciptakan oleh Blaise
Pascal. Komputer ini disebut sebagai pascaline dan dianggap sebagai titik awal
mesin menggantikan otak manusia dalam menghitung data.
Periode ketiga : Elektromekanik
Pada
masa ini, penggunaan listrik untuk memberikan energy untuk menjalankan penemuan
mesin sesudah Pascaline terus ditemukan. Pada Periode ini pula diciptakan
telepon dan kode morse untuk digunakan dalam komunikasi jara jauh secara
langsung. Kemudian diperkenalkan komputer pertama yang digunakan untuk
menyimpan program dan data pada awal 1984. Komputer tersebut adalah Dubbed
Manchester Mark 1. Komputer ini adalah awal penemuan teknologi selanjutnya yang
sekarang menjadi komputer, laptop, tablet dan smartphone.
Periode keempat : Elektronik
Jean
Hoerni mengembangan transistor planar pada tahun 1957. Alat ini dapat
mengintegrasikan semua sirkuit yang diciptakan tahun – tahun selanjutnya. Pada tahun
1960, departemen pertahanan Amerika Serikat mendirikan ARPANET (Advanced
Research Project Agency Network) yang mana ini adalah cikal bakal dari internet
yang kita gunakan sekarang ini. Pada saat itu ARPANET hanya digunaan untuk
pemerintah, penlitian dan universitas. Peneliti dari MIT yang bernama Licklider
memperluas ARPANET ke jaringan computer diseluruh dunia untuk interaksi sosial.
Ini terjadi pada tahun 1962. Pada tahun 1968,Andrew Grove, Gordon Moore dan
Robert Noyce telah menciptakan microchip pertama kalinya. Mereka lalu menjual
rancangan tersebut kepada intel untuk diproduksi secara massal.
Setelah
era ini, perkembangan teknologi berlangsung secara cepat. Ditemukannya system operasi
UNIX, computer dari apple, system windows, Linux, era dot com dan masih banyak
penemuan terbaru lainnya yang tidak bisa kita sebutkan satu persatu.
SEJARAH PERKEMBANGAN HARDWARE DAN SOFTWARE
Sejarah perkembangan hardware
o
Generasi Pertama (1940-1959). Pada generasi ini
komputer mengandalkan ruang tabung hampa(vacuum tube). Komputer ini membutuhkan
ruangan yang luas, berkemampuan rendah dan terkenal dengan daya panasnya.Ukuran
penyimpanannya hanya sekitar +/- 2000 byte dan untuk menjalankan program dan
pencetakan masih dilakukan secara manual. Beberapa komputer yang lahir pada
generasi ini adalah ENIAC, EDVAC, EDSAC.
o
Generasi Kedua (1959-1964). Penemuan transistor pada
tahun 1948 adalah salah satu faktor yang membuat generasi komputer ini lahir.
Transistor menggantikan kedudukan vacuum tube dalam menyimpan dan melakukan
proses informasi. Transistor bentuknya lebih kecil, tidak begitu panas dan
mengkomsusikan sedikit tenaga. Ukuran penyimpanan berkapasistas sebesar 32 kb
dengan kecepatan 20.000-30.000 perintah per detik. Pada periode ini pula,
bahasa pemrograman sudah mulai dikenal untuk menggantikan bahasa mesin pada
generasi sebelumnya sehingga menyebabkan ada beberapa profesi baru yang
bermunculan seperti programmer, analis dan ahli sistem komputer.
o
Generasi Ketiga (1964-1980). Generasi ini dipengaruhi
oleh penemuan IC dan chip untuk mengatasi kekurangan transistor yang cepat
panas, dengan ukuran penyimpanan berkapasitas 2 megabyte dengan kecepatan +/- 5
juta perdetik. Komputer generasi ini pun membuat komputer menjadi lebih kecil
karena komponen yang banyak dapat dipadatkan dalam satu chip. Generasi ini pula
ditemukan sistem operasi.
o
Generasi Keempat (1980-sekarang). Komputer telah
menggunakan teknologi Very Large-Scale Integrated Circuits (VLSIC). Dalam
sebuah chip, teknologi ini mampu menampung jutaan circuit. Chip ini dinamakan
dengan microprocessor, untuk membuat komputer lebih bisa melakukan tugas-tugas
yang lebih kompleks.. Ukuran penyimpanan mempunyai kapasitas yang besar dengan
kecepatan jutaan perintah Personal komputer dikenal pada generasi ini.
Sejarah Perkembangan Software
o Era
Pioneer. Pada Era Pioneer ini bentuk software komputer pada awalnya adalah
sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer, cara dalam mengakses
komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi.
Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung, sebuah program
digunakan untuk sebuah mesin tertentu dan untuk tujuan tertentu. Pada era ini,
perangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya. Penggunaan
komputer dilakukan secara langsung dan hasil yang selesai dikerjakan komputer
berupa print out. Proses yang dilakukan di dalam komputer berupa baris
instruksi yang secara berurutan di proses.
o Era Stabil.
Pada Era Stabil ini baris-baris perintah software komputer yang dijalankan oleh
komputer bukan lagi satu-satu, tapi sudah banyak proses yang di lakukan secara
bersamaan (multi tasking). Software komputer pada era ini juga mampu
menyelesaikan banyak pengguna (multi user) dan secara cepat/langsung (real time).
Di era ini jugalah mulai di kenal sistem basis data, yang memisahkan antara
program dan data. Pada era stabil penggunaan komputer sudah banyak digunakan,
tidak hanya oleh kalangan peneliti dan akademi saja, tetapi juga oleh kalangan
industri. Perusahaan perangkat lunak bermunculan, dan sebuah perangkat lunak
dapat menjalankan beberapa fungsi, dari ini perangkat lunak mulai bergeser
menjadi sebuah produk.
o Era Mikro.
Sejalan dengan semakin luasnya PC dan jaringan komputer di era ini, perangkat
lunak juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan. Perangkat lunak
dapat di bedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas menangani
internal dan perangkat lunak aplikasi yang di gunakan secara langsung oleh
penggunannya untuk keperluan tertentu. Automatisasi yang ada di dalam perangkat
lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan. Software komputer dapat
dibedakan menjadi beberapa bagian yaitu Software Sistem (Windows, Linux,
Machintos, dll), Software Aplikasi (Ms.Office,OpenOffice, dll) dan Languange
Software/Bahasa Pemograman (Assembler, Visual Basic, Delphi, dll).
o
Era Modern. Saat ini perangkat lunak sudah terdapat di
mana-mana, tidak hanya pada sebuah superkomputer dengan 25 prosesornya, sebuah
komputer genggampun telah di lengkapi dengan perangkat lunak yang dapat di
sinkronkan dengan PC. Tidak hanya komputer, bahkan peralatan seperti telepon,
TV, hingga ke mesin cuci, AC dan microwave, telah di tanamkan perangkat lunak
untuk mengatur operasi peralatan itu. Dan yang hebatnya lagi adalah setiap peralatan
itu akan mengarah pada suatu saat kelak akan dapat saling terhubung. Pembuatan
sebuah perangkat lunak bukan lagi pekerjaan segelentir orang, tetapi telah
menjadi pekerjaan banyak orang, dengan beberapa tahapan proses yang melibatkan
berbagai disiplin ilmu dalam perancangannya. Tingkat kecerdasan yang di
tunjukkan oleh perangkat lunak pun semakin meningkat, selain permasalahan
teknis, perangkat lunak sekarang mulai bisa mengenal suara dan gambar.
Review produk perusahaan IT yang inovasinya
memberi pengaruh yang signifikan bagi masyarakat
Dan
disini saya mengambil satu perusahaan yang menurut saya perusahaan itu dapat
memberikan pengaruh bagi kehidupan
manusia untuk berteknologi yaitu GOOGLE.
GOOGLE
telah membantu seluruh umat manusia dalam menggapai informasi yang blom tentu
kita dapat jika kita mencarinya sendiri. GOOGLE merupakan sebuah produk
pencarian yang digunakan untuk menggali informasi.
Adapun
efek positif dan negatif dari produk GOOGLE ini:
Efek positif:
-
Menambah wawasan dan
pengetahuan
-
Sarana komunikasi
-
Tempat mencari uang
Efek negatif :
-
Pornografi
-
Penipuan lewat internet
-
Cybercrime
-
Perjudian
-
Gambar2 tidak senonoh
No comments:
Post a Comment