Wednesday, September 30, 2020

INOVASI SISTEM INFORMASI (TUGAS 1)

SEJARAH PERKEMBANGAN SISTEM/TEKNOLOGI INFORMASI

Periode pertama : Pra Mekanik

                Pada periode ini komunikasi menggunakan symbol untuk menyampaikan informasi. Prada tahun 3000 – 2000 sebelum masehi, manusia menggunakan gambar juga untuk menyampaikan pesan. Contohnya adalah bangsa fenisia yang mendiami Timur Tengah (saat ini Lebanon) menciptakan model yang sama. Bangsa Yunani kuno mengadaptasi symbol milik bangsa Fenisia dengan menambahkan huruf vocal yang membuatnya mudah digunakan. Bangsa Romawi Kuno kemudia memakainya juga, yang mana saat ini menjadi alphabet yang kita kenal dan gunakan saat ini. Pembuatan buku dari papyrus yang dilekatkan dimulai pada tahun 600 sebelum masehi. Pada awalnya hanya pemuka agama dan pemimpin yang memiliki koleksi buku. Setelah itu ada bangsa Mesir Kuno yang menciptakan system angka, sehingga juga mengarahkan pada penemuan alat bantu hitung yang disebut abacus.

 

Periode Kedua : Mekanik

Masa ini termasuk dalam masa abad pertengahan. Dimana orang sudah menggunakan peralatan untuk menyimpan, mengolah dan merekam informasi. Salah satu penemuan terpenting dalam masa ini adalah msin cetak guttenburg dari Jerman. Penyampaian informasi menjadi lebih mudah dikarenaan mesin cetak dapat memproduksi tulisan yang sama dalam jumlah besar. Pada tahun 1600, komputer atau mesin hitung pertama kali diciptakan oleh Blaise Pascal. Komputer ini disebut sebagai pascaline dan dianggap sebagai titik awal mesin menggantikan otak manusia dalam menghitung data.

 

Periode ketiga : Elektromekanik

          Pada masa ini, penggunaan listrik untuk memberikan energy untuk menjalankan penemuan mesin sesudah Pascaline terus ditemukan. Pada Periode ini pula diciptakan telepon dan kode morse untuk digunakan dalam komunikasi jara jauh secara langsung. Kemudian diperkenalkan komputer pertama yang digunakan untuk menyimpan program dan data pada awal 1984. Komputer tersebut adalah Dubbed Manchester Mark 1. Komputer ini adalah awal penemuan teknologi selanjutnya yang sekarang menjadi komputer, laptop, tablet dan smartphone.

 

Periode keempat : Elektronik

          Jean Hoerni mengembangan transistor planar pada tahun 1957. Alat ini dapat mengintegrasikan semua sirkuit yang diciptakan tahun – tahun selanjutnya. Pada tahun 1960, departemen pertahanan Amerika Serikat mendirikan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) yang mana ini adalah cikal bakal dari internet yang kita gunakan sekarang ini. Pada saat itu ARPANET hanya digunaan untuk pemerintah, penlitian dan universitas. Peneliti dari MIT yang bernama Licklider memperluas ARPANET ke jaringan computer diseluruh dunia untuk interaksi sosial. Ini terjadi pada tahun 1962. Pada tahun 1968,Andrew Grove, Gordon Moore dan Robert Noyce telah menciptakan microchip pertama kalinya. Mereka lalu menjual rancangan tersebut kepada intel untuk diproduksi secara massal.

          Setelah era ini, perkembangan teknologi berlangsung secara cepat. Ditemukannya system operasi UNIX, computer dari apple, system windows, Linux, era dot com dan masih banyak penemuan terbaru lainnya yang tidak bisa kita sebutkan satu persatu.

SEJARAH PERKEMBANGAN HARDWARE DAN SOFTWARE

Sejarah perkembangan hardware

o         Generasi Pertama (1940-1959). Pada generasi ini komputer mengandalkan ruang tabung hampa(vacuum tube). Komputer ini membutuhkan ruangan yang luas, berkemampuan rendah dan terkenal dengan daya panasnya.Ukuran penyimpanannya hanya sekitar +/- 2000 byte dan untuk menjalankan program dan pencetakan masih dilakukan secara manual. Beberapa komputer yang lahir pada generasi ini adalah ENIAC, EDVAC, EDSAC.

o         Generasi Kedua (1959-1964). Penemuan transistor pada tahun 1948 adalah salah satu faktor yang membuat generasi komputer ini lahir. Transistor menggantikan kedudukan vacuum tube dalam menyimpan dan melakukan proses informasi. Transistor bentuknya lebih kecil, tidak begitu panas dan mengkomsusikan sedikit tenaga. Ukuran penyimpanan berkapasistas sebesar 32 kb dengan kecepatan 20.000-30.000 perintah per detik. Pada periode ini pula, bahasa pemrograman sudah mulai dikenal untuk menggantikan bahasa mesin pada generasi sebelumnya sehingga menyebabkan ada beberapa profesi baru yang bermunculan seperti programmer, analis dan ahli sistem komputer.

o         Generasi Ketiga (1964-1980). Generasi ini dipengaruhi oleh penemuan IC dan chip untuk mengatasi kekurangan transistor yang cepat panas, dengan ukuran penyimpanan berkapasitas 2 megabyte dengan kecepatan +/- 5 juta perdetik. Komputer generasi ini pun membuat komputer menjadi lebih kecil karena komponen yang banyak dapat dipadatkan dalam satu chip. Generasi ini pula ditemukan sistem operasi.

o        Generasi Keempat (1980-sekarang). Komputer telah menggunakan teknologi Very Large-Scale Integrated Circuits (VLSIC). Dalam sebuah chip, teknologi ini mampu menampung jutaan circuit. Chip ini dinamakan dengan microprocessor, untuk membuat komputer lebih bisa melakukan tugas-tugas yang lebih kompleks.. Ukuran penyimpanan mempunyai kapasitas yang besar dengan kecepatan jutaan perintah Personal komputer dikenal pada generasi ini.

 

Sejarah Perkembangan Software

o     Era Pioneer. Pada Era Pioneer ini bentuk software komputer pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer, cara dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi. Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung, sebuah program digunakan untuk sebuah mesin tertentu dan untuk tujuan tertentu. Pada era ini, perangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya. Penggunaan komputer dilakukan secara langsung dan hasil yang selesai dikerjakan komputer berupa print out. Proses yang dilakukan di dalam komputer berupa baris instruksi yang secara berurutan di proses.

o     Era Stabil. Pada Era Stabil ini baris-baris perintah software komputer yang dijalankan oleh komputer bukan lagi satu-satu, tapi sudah banyak proses yang di lakukan secara bersamaan (multi tasking). Software komputer pada era ini juga mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) dan secara cepat/langsung (real time). Di era ini jugalah mulai di kenal sistem basis data, yang memisahkan antara program dan data. Pada era stabil penggunaan komputer sudah banyak digunakan, tidak hanya oleh kalangan peneliti dan akademi saja, tetapi juga oleh kalangan industri. Perusahaan perangkat lunak bermunculan, dan sebuah perangkat lunak dapat menjalankan beberapa fungsi, dari ini perangkat lunak mulai bergeser menjadi sebuah produk.

 

o     Era Mikro. Sejalan dengan semakin luasnya PC dan jaringan komputer di era ini, perangkat lunak juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan. Perangkat lunak dapat di bedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal dan perangkat lunak aplikasi yang di gunakan secara langsung oleh penggunannya untuk keperluan tertentu. Automatisasi yang ada di dalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan. Software komputer dapat dibedakan menjadi beberapa bagian yaitu Software Sistem (Windows, Linux, Machintos, dll), Software Aplikasi (Ms.Office,OpenOffice, dll) dan Languange Software/Bahasa Pemograman (Assembler, Visual Basic, Delphi, dll).

 

o      Era Modern. Saat ini perangkat lunak sudah terdapat di mana-mana, tidak hanya pada sebuah superkomputer dengan 25 prosesornya, sebuah komputer genggampun telah di lengkapi dengan perangkat lunak yang dapat di sinkronkan dengan PC. Tidak hanya komputer, bahkan peralatan seperti telepon, TV, hingga ke mesin cuci, AC dan microwave, telah di tanamkan perangkat lunak untuk mengatur operasi peralatan itu. Dan yang hebatnya lagi adalah setiap peralatan itu akan mengarah pada suatu saat kelak akan dapat saling terhubung. Pembuatan sebuah perangkat lunak bukan lagi pekerjaan segelentir orang, tetapi telah menjadi pekerjaan banyak orang, dengan beberapa tahapan proses yang melibatkan berbagai disiplin ilmu dalam perancangannya. Tingkat kecerdasan yang di tunjukkan oleh perangkat lunak pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, perangkat lunak sekarang mulai bisa mengenal suara dan gambar.

 

Review produk perusahaan IT yang inovasinya memberi pengaruh yang signifikan bagi masyarakat

 

          Dan disini saya mengambil satu perusahaan yang menurut saya perusahaan itu dapat memberikan  pengaruh bagi kehidupan manusia untuk berteknologi yaitu GOOGLE.

          GOOGLE telah membantu seluruh umat manusia dalam menggapai informasi yang blom tentu kita dapat jika kita mencarinya sendiri. GOOGLE merupakan sebuah produk pencarian yang digunakan untuk menggali informasi.         

          Adapun efek positif dan negatif dari produk GOOGLE ini:

Efek positif:

-        Menambah wawasan dan pengetahuan

-        Sarana komunikasi

-        Tempat mencari uang

Efek negatif :

-        Pornografi

-        Penipuan lewat internet

-        Cybercrime

-        Perjudian

-        Gambar2 tidak senonoh

 

         

 


No comments:

Post a Comment